Rabu, 06 Januari 2010

Mengatasi Mogok di Perlintasan KA

Kendaraan mogok ketika melintasi atau melewati Rel Kereta Api? Apa yang anda pikirkan? Kendaraan anda rusak kah?gerogi saat melintasi rel kereta api kah? Magis kah? Mistik kah?



Disini saya ingin menjelaskan kenapa mesin kendaraan kita bisa mati ketika melintasi rel kereta api.

Sebelum saya menjelaskannya saya butuh pertanyaan ini untuk menjelaskannya. Mengapa kejadian mesin kendaraan mati ketika melintasi rel kereta api sering terjadi?

Penjelasan logisnya adalah :

Bila mesin kendaraan anda mati ditengah perlintasan kereta api, berarti akan ada kereta dengan kecepatan tinggi akan melintasi perlintasan tersebut.

Mengapa seperti itu?

Ini alasannya : gesekan searah antara roda-roda KA dan rel kereta yang menyebabkan medan magnet yang sangat tinggi dan cepat yang terjadi sebagai efek kejut (amplitudo yang merambat). Golombang magnet ini kerap menyebabkan electical device kendaraan anda 'terkejut', sehingga mesin mobil mati. Dan biasanya kendaraan yang mati tersebut akan sulit dihidupkan karena KA semakin dekat dengan 'membawa' golombang magnet yang lebih besar.

Itu alasan logisnya. Tapi buat apa kita mengetahuin ini semua tapi tidak tahu cara mengatasinya? Untuk memjelaskan bagaimana mengatasinya saya butuh pernyaan ini. Apa yang bisa kita lakukan bila ternyata kendaraan kita yang mati diperlintasan KA?

Jawabannya buka pintu, keluar dari pintu dan lari menjauhin kendaraan kita. Apa baca-baca mantra supaya kendaraan menyala.  J

Wah maaf saya hanya bergurau, ya tidak begitu lah, itu mah tidak logis namanya. Disini saya ingin memberi tahu cara yang logis.

Ini car mengatasi dengan alasan yang pastinya logis banget.

Bila kondisi mesin mobil anda mati, langkah / upaya terpenting untuk menghidupkan mesin mobil anda (Pada kondisi tersebut) dengan menyalakan atau menekan klakson / horn selama mungkin dengan dibarengi mencoba kembali men-starter mobil anda.

Kenapa membunyika klakson / horn? Apa hubungnnya? Ga logis tu?

Wah sabar dulu, masih ada penjelasan logis apa hubungnnya kejadian di atas sama membunyikan klakson/horn pada mobil anda. Dan ini penjelasnnya :

Klakson yang anda lakukan adalah upaya “memberikan efek kejut” kembali kepada electrical device mesin anda yang sedang 'beku' sehingga kondisi electrical tersebut menjadi stabil. Klakson selalu mendapatkan energi dari battery sehingga anda tidak perlu takut klakson anda akan ikut - ikut mati.

 Buktinya: klakson selalu dapat digunakan walaupun mobil anda dalam kondisi mati, itulah salah satu alasan mengapa alarm mobil juga melalui link / signal klakson.

Tidak percaya klakson mobil bisa berbunyi pada saat mobil dalam keadaan mati?

Satu jawaban dari saya : brati anda tidak memiliki kendaraan. J

Sedikit lelucon biar agak rame. J

PT KAI juga sudah mengetahui alasan ini. Makanya PT KAI memerintahkan menutup perlintasan KA satu menit sebelum KA melewati perlintasan tersebut. Jadi janganlah menerobos perlintasan KA yang sedang ditutup oleh petugas perlintasa KA.

Logiskan penjelasan dari saya. Jadi tidak ada hubungnnya sama mistis, magis, grogi, dll.

Mungkin itu saja tips dan trik yang saya bisa berikan dan semoga saja bisa bermanfaat buat yang membutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar